Pengen yang Sedap, Segar dan Lezat? Yuk, Icip-Icip Kuliner Khas Belitung!

Jumpa Lagi, NAM SQUAD!

Tau Pulau Belitung kan? Yang letaknya diapit dua selat yaitu Selat Gaspar dan Selat Karimata dan berbatasan dengan laut lepas. Wah, bisa NAM SQUAD bayangkan nih, pasti Belitung punya kuliner khas yang memakai bahan pangan dari kekayaan laut yang segar, lezat dan kaya akan gizi.

Yuk, bareng-bareng NAM SQUAD icip-icip 8 kuliner khas Belitung yang sedep Gale (enak semua)!

 

  1. Mie Belitung
    Coba ya, di hadapan NAM SQUAD terhidang semangkuk mie kuning yang diberikan potongan kentang rebus, acar timun, kerupuk emping dan lengkap pula dengan udang serta diberi kuah kaldu udang yang gurih. Ya ampun, aroma mie belitung yang disajikan hangat ini bikin perut jadi makin lapar, nih. Jangan lupa tambah sambal biar mantul!
     
  2. Sup Gangan
    Makan nasi putih yang hangat, ditemani semangkuk sup daging ikan tenggiri yang berkuah rempah asam pedas, gurih dan lezat sudan pasti nikmat, lah. Sup Gangan ini merupakan salah satu makanan olahan laut favorit masyarakat Belitung. Tambah lagi, kuy. Enak, sih!
     
  3. Berego
    Mau sarapan pagi di Belitung? Makan Berego aja, yuk. Berego ini mirip banget sama lontong, cuma Berego terbuat dari tepung beras dicampur tepung sagu. Berego bisa dinikmati dengan Gangan, Lakse atau Mie Belitung. Tuh, kan pagi-pagi kulineran di Belitung, seru!
     
  4. Suto Belitung
    Di warung-warung makan di Belitung, ada menu unik yang mirip lontong sayur, namanya Suto Belitung. Bedanya, Suto ini disajikan dengan potongan lontong, daging, bihun dan emping. Nah, kuahnya terbuat dari kari daging sapi kental yang diberikan santan. Siang ini, cocok banget nih kalo NAM SQUAD nyicipin Suto Belitung!
     
  5. Siput Gonggong
    Eits, jangan hubungkan kuliner ini dengan gonggongan si Bleki, anjing tetangga ya. Karena Siput Gonggong adalah sajian kuliner khas Belitung yang berasal dari siput laut. Setelah diolah, siput ini dapat dinikmati bersama kuah sambal yang nikmat. Dan hanya dengan tusuk gigi saja, NAM SQUAD bisa mengeluarkan daging siput dari cangkangnya. Jadi pengen nyobain biar lupa sama mantan.
     
  6. Belacan
    Jadi oleh-oleh khas Belitung, yaitu Belacan yang terbuat dari fermentasi udang rebon ini paling cocok jadi tambahan bumbu penyedap untuk sambal. Teknik fermentasi yang mirip pengolahan terasi ini pasti bikin rasa sambal jadi extra nikmat. Beli kuy, buat oleh-oleh calon mertua!
     
  7. Lakse
    Kuliner yang satu ini memang enak pake banget, deh. Karena Lakse terbuat dari sejenis mie yang berasal dari tepung beras dan tapioka, kemudian dipadukan dengan kuah dari daging ikan tenggiri dengan bumbu rempah beraroma yang dicampur dengan santan kelapa yang kental. Kuah kuning hangat pada Lakse jadi semakin endul kalau ditambah dengan cabai. Yakin, nggak mau coba?
     
  8. Kopi Manggar
    NAM SQUAD coffee lover, kudu banget mampir ke daerah Manggar Belitung untuk menyesap citarasa kopi tradisional khas dari sana! Manggar yang dikenal dengan 1001 kedai kopi punya cara tradisional dalam mengolah biji kopi hingga aroma dan rasa kopi begitu harum. Enak nih, sore-sore ngopi santuy bareng temen-temen!

Yuh, berangkat ke Belitung pakai pesawat NAM Air. Karena sekarang, nih NAM Air punya banyak banget rute keliling Indonesia. Lihat saja jadwal dan rute penerbangan di website dan sosial media NAM Air.