Main ke Kalimantan? Mampir juga ya ke Sintang, Sampit dan Ketapang!

Salam Liburan, NAM SQUAD!

Saat liburan, traveling atau jalan-jalan memang momen paling menyenangkan, deh. Apalagi nih, travelingnya dengan pesawat NAM Air menuju Kalimantan. Wah, buat NAM SQUAD yang baru pertama kali ke Kalimantan, pasti liburan kali ini jadi pengalaman yang nggak bisa dilupakan. Di Kalimantan ada tiga kota yaitu Sintang, Sampit dan Ketapang yang nggak boleh dilewatkan saat menjelajah Pulau Kalimantan.

Daripada penasaran, yuk diulik 9 tempat-tempat wisata santuy yang ada di Sintang, Sampit dan Ketapang!

 

  1. Museum Dara Juanti, Sintang
    Museum sejarah di kota Sintang ini punya koleksi barang-barang bekas peninggalan kerajaan Sintang yang dulu bernama Istana Al-Mukarommah. Ikon dari Museum Dara Juanti ini adalah lambang burung Garuda pemberian Kerajaan Majapahit yang digunakan sebagai seserahan saat akan meminang salah satu puteri raja. Wuih, keren ya!
     
  2. Hutan Wisata Baning, Sintang
    NAM SQUAD penggemar flora dan fauna bisa menjelajah Hutan Wisata Baning untuk menikmati aneka ragam tumbuhan dan juga beberapa jenis hewan yang hidup di sini. Udara yang sejuk dan segar di kawasan hutan ini bikin NAM SQUAD betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Mau cari inspirasi? Pas, banget kalau main ke sini!
     
  3. Taman Nasional Bukit Baka, Sintang
    Kawasan Hutan Bukit Baka juga cocok banget buat NAM SQUAD yang gemar menjelajah hutan untuk menikmati beragam flora dan fauna. Ada ratusan jenis tumbuhan yang hidup di hutan ini. Begitu juga dengan beberapa jenis satwa yang dilindungi di dalam kawasan taman nasional ini.
     
  4. Sungai Mentaya, Sampit
    Sungai ini membentang di pusat kota Sampit. Sungai ini merupakan sungai utama yang dapat dilalui oleh perahu motor. Jika mampir ke sungai ini, NAM SQUAD dapat melihat dari dekat aktivitas masyarakat Sampit yang ada di sekitar sungai. Mau keliling sungai naik perahu motor juga boleh, kok!
     
  5. Rumah Betang Tumbang Gagu, Sampit
    Rumah ini merupakan rumah tradisional warga Dayak dengan pondasi rumah yang tinggi seperti rumah panggung. Di dalam rumah ini terdapat satu kepala keluarga yang sangat dihormati. Karena bentuknya yang khas, NAM SQUAD bisa berfoto sekaligus bercengkrama dengan penduduk asli yang tinggal di dalam Rumah Betang.
     
  6. Taman Jelawat, Sampit
    Nah, Taman Jelawat ini adalah tempat berkumpulnya warga Sampit kala pagi dan sore hari. Ruang terbuka ini berlokasi di tengah kota dan berada di pinggir sungai hingga suasananya sejuk karena semilir angin dari sungai. Nah, NAM SQUAD bisa ikut kongkow bareng menikmati senja di taman ini, nih!
     
  7. Keraton Matan, Ketapang
    Bagunan yang terbuat dari kayu dan berwarna kuning keemasan ini dulunya adalah Istana Kerajaan Matan. Tertelak di pinggir sungai Pawan, istana ini memiliki luas sekitar 1 hektar. Simbol ikonik dari keraton ini adalah naga yang melambangkan kekuasaan dan kejayaan.
     
  8. Pulau Sawi, Ketapang
    Untuk menyeberang ke pulau ini, NAM SQUAD membutuhkan waktu sekitar 3 jam ke Pelabuhan Kendawangan dan diteruskan dengan perahu kecil menuju ke Pulau Sawi. Sepanjang perjalanan, NAM SQUAD akan disuguhi pemandangan laut yang keren. Apalagi saat tiba di Pulau Sawi, NAM SQUAD dapat menikmati sunset dengan panorama yang sangat indah.
     
  9. Taman Nasional Gunung Palung, Ketapan
    Mendaki gunung menuju Taman Nasional Gunung Palung, NAM SQUAD akan menemukan berbagai jenis flora yang tumbuh di sana serta beberapa jenis satwa liar yang dilindungi. NAM SQUAD dapat pula menjumpai air terjun dan juga hutan bakau saat menjelajah di Taman Nasional Gunung Palung.

 

Jadi, siapkan perlengkapan yang akan dibawa saat menjelajah Kota Sintang, Sampit dan Ketapang. Untuk penerbangan ke sana, percayakan pada NAM Air saja. Karena NAM Air sudah punya banyak rute keliling Indonesia. Jadwal dan rute penerbangan dapat dilihat di website dan juga sosial media NAM Air.