Berani Coba Cita Rasa Unik dari Sumba? Ini Dia 8 Kuliner Khas dari Sumba

Halo NAM SQUAD Pecinta Kuliner!

 

Lagi liburan ke Sumba, nih? Tau nggak sih, kalau di Sumba tidak hanya kaya akan keindahan alam yang mewah dan memukau saja, loh. Di Sumba ternyata punya kekayaan kuliner yang bakal menambah cita rasa lidah NAM SQUAD. Kalo masih nggak percaya, NAM SQUAD kudu cobain 8 jenis kuliner khas Sumba berikut ini!

 

Cobain, yuk!

 

  1. Jagung Titi
    Jagung Titi ini mirip dengan emping. Karena jagung yang direbus setengah matang dititi (ditumbuk) hingga berbentuk mirip emping. Rasanya kayak popcorn dan bisa ditambahkan rasa pedas atau manis jika NAM SQUAD tidak suka rasa aslinya. Eh, cucok banget buat temen nonton Drakor!
     
  2. Jawada
    Kue yang terbuat dari campuran tepung beras, gula aren dan santan ini akan dimasak dengan cara digoreng hingga mirip seperti bihun. Rasanya yang kriuk manis serta aroma Nira yang akan membuat kue ini sangat sesuai buat nemenin NAM SQUAD minum teh atau kopi. Jangan lupa bawa Jawada manis buat oleh-oleh, biar senyum gebetan makin manis!
     
  3. Bokusawu Nyale
    Nyale sebenarnya adalah sejenis cacing laut yang muncul setahun sekali di laut Sumba. Meskipun terbuat dari cacing, makanan khas ini sudah diberikan bumbu spesial hingga rasa dan aromanya sangat gurih ketika disantap. NAM SQUAD penggemar kuliner tradisional? Wajib banget nyicipin Bokusawu Nyale!
     
  4. Manggulu
    Nah, yang satu ini juga unik karena Manggulu dibuat dari pisang yang diasap selama tiga hari, digoreng tanpa minyak dan ditumbuk serta dibungkus daun lontar. Rasa manis pisang makin enak karena ditambahkan dengan gula aren dan kacang tanah saat ditumbuk. Jadi penasaran, ya pengen nyobain?
     
  5. Ka’pu Pantunnu
    Eh, siapa bilang jantung pisang nggak bisa dimakan? Di Sumba, jantung pisang yang dibakar serta diracik dengan bumbu-bumbu khas dan dicampur dengan kelapa parut panggang bisa jadi sajian lezat khas Sumba, loh.
     
  6. Nga’a Watary Patau
    Dari namanya saja udah bikin penasaran, ya? Ini adalah makanan pengganti nasi masyarakat Sumba. Terbuat dari jagung, Nga’a Watary Patau ini seperti bubur jagung yang dilengkapi dengan sayuran dan lauk pauk. Tenang saja NAM SQUAD, makanan ini kaya gizi, tinggi serat dan tetap bikin kenyang, loh.
     
  7. Kadapet Watara
    NAM SQUAD yang manis, bakalan tambah manis kalo makan Kadapet Watara, nih! Kudapan manis ini terbuat dari jagung yang mirip dengan wajik hanya saja dibungkus dengan daun jagung kering. Kadapet Watara bisa dijadikan oleh -oleh khas Sumba untuk dibawa pulang.
     
  8. Kaparak
    Makanan khas Sumba berbahan dasar jagung yang satu ini bisa awet sampai berbulan-bulan, loh. Karena untuk membuat Kaparak dibutuhkan jagung kualitas baik yang ditumbuk dan disangrai bersamaan dengan kacang tanah. Jika ingin rasa yang manis, bisa ditambahkan gula pasir ataupun gula aren. Kaparak bisa dinikmati kapan saja bersama sesapan kopi atau teh sembari menikmati senja hari di kota Sumba. Hayo, ada yang mau ikutan?

 

Jangan berkhayal lama-lama deh! Segera booking pesawat NAM Air untuk menikmati liburan ke Sumba. Karena saat ini NAM Air punya rute keliling Indonesia yang semakin banyak. Untuk informasi tentang rute penerbangan dan jadwal NAM Air bisa langsung cek pada website dan juga akun sosial media NAM Air!