Traveling dengan Stretcher di Pesawat? Ini Dia Tipsnya!

Pernah mendengar istilah Stretcher? Pada dunia penerbangan istilah Stretcher ini digunakan pada kasus khusus yaitu Stretcher Case Passenger dengar artian penumpang yang secara fisik dan mental memerlukan alat bantu tandu untuk masuk ataupun keluar dari pesawat. Jadi, bukan berarti penumpang yang sakit atau dengan kondisi khusus tidak bisa bepergian dengan pesawat, ya. Nah, masing-masing maskapai penerbangan punya peraturan serta kebijakan khusus terkait dengan Stretcher Case Passenger ini.

Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dipersiapkan kala kamu atau kerabat harus traveling dengan kondisi Stretcher Case Passenger.

Yuk, disimak bareng

  1. Komunikasikan pada petugas tiket tentang kondisi yang memerlukan stretcher
    Saat booking tiket pesawat, informasikan kepada petugas tiket tentang keadaan penumpang. Pastikan bahwa maskapai yang dipilih memungkinkan membawa penumpang dengan kasus Stretcher Case Passenger. Sehingga petugas tiket dapat meneruskan informasi tersebut kepada maskapai. Simak baik-baik informasi dan beberapa persiapan yang akan dijelaskan oleh petugas tiket.
     
  2. Tanyakan syarat & ketentuan di maskapai mengenai stretcher
    Setelah menginformasikan keadaan penumpang dengan stretcher, tanyakan pada petugas tentang syarat dan ketentuan pada maskapai yang dipilih. Karena masing-masing maskapai memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun pada umumnya maskapai penerbangan akan meminta surat keterangan dokter atau rumah sakit terkait dengan Stretcher Case Passenger, mengisi form yang sudah disediakan, lokasi tempat tandu yang dipilih seperti kelas ekonomi atau bisnis dan juga ketentuan harga tiket.
     
  3. Pastikan ulang pemesanan stretcher sebelum hari H
    Apabila semua syarat dan ketentuan sudah dipersiapkan dan sudah mendapat persetujuan dari pihak maskapai penerbangan, maka tidak ada salahnya jika kamu melakukan pengecekan ulang bahwa kamu atau kerabat yang akan terbang dengan stretcher sudah sesuai dengan jadwal dan sudah terkonfirmasi oleh pihak maskapai. Bila perlu tanyakan langsung melalui kantor maskapai untuk kepastian jadwal penerbangan penumpang dengan stretcher.
     
  4. Siapkan kelengkapan medis beserta pengantar yang berkualifikasi
    Saat harus terbang dengan kasus khusus seperti stretcher ini, sebaiknya persiapkan semua kelengkapan medis sesuai dengan kebutuhan penumpang atau sesuai dengan anjuran tenaga medis. Kemudian pilihlah pendamping yang ikut bersama Stretcher Case Passenger yang memiliki kualifikasi khusus seperti dokter, perawat ataupun anggota keluarga saat berada di bandara, boarding, selama berada dalam pesawat hingga perjalanan sampai tempat tujuan sesuai dengan kebutuhan penumpang stretcher. Para pendamping ini harus mendapatkan konfirmasi dari pihak maskapai sebelum memulai perjalanan.
     
  5. Datang tepat waktu untuk lancarnya persiapan
    Biasanya ada perlakuan khusus baik di bandara maupun di pesawat bagi para penumpang dengan stretcher. Seperti gate khusus saat masuk pesawat apabila diperlukan, letak penumpang stretcher akan ditempatkan dalam pesawat dan juga pengecekan keamanan yang khusus diperuntukkan bagi Stretcher Case Passenger dan juga pendampingnya. Agar proses ini berjalan lancar maka penumpang stretcher beserta para pendampingnya untuk datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah diberikan oleh petugas maskapai penerbangan.

Saat ini NAM Air memiliki fasilitas untuk Stretcher Case Passenger yang akan bepergian dengan pesawat. NAM Air memiliki kebijakan khusus yang harus dipersiapkan oleh penumpang dengan Stretcher dan juga pendampingnya sebelum terbang dengan pesawat. Kebijakan ini tentunya bertujuan untuk membuat perjalanan tetap aman dan nyaman hingga destinasi tujuan.