Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Saat Traveling dengan Kursi Roda? Ini Dia Kiatnya!

Beberapa orang dengan kondisi khusus membutuhkan bantuan kursi roda untuk mempermudah mobilitas mereka  dalam melakukan rutinitas harian. Nah, apabila kamu salah satunya, bukan berarti kamu tidak bisa traveling dengan menggunakan pesawat. Beberapa maskapai penerbangan mengizinkan penumpang untuk traveling dengan menggunakan pesawat dengan kebijakan tertentu. Tentu saja, setiap maskapai penerbangan memiliki syarat dan ketentuan berbeda yang harus ditaati oleh penumpang dengan wheelchair.

Agar penerbangan dengan wheelchair berjalan lancar, baik, dan nyaman, berikut ini ada beberapa kiat yang bisa kamu lakukan. Yuk, mari disimak !

  1. Komunikasikan Pada Petugas Tiket Tentang Kebutuhan Spesifik Anda
    Saat booking tiket menuju destinasi tujuan, berikan informasi selengkap-lengkapnya pada petugas tiket mengenai kondisi kamu. Hal ini dimaksudkan agar petugas dapat meneruskan informasi tersebut kepada maskapai penerbangan dan juga pihak bandara. Sebab penumpang pesawat dengan bantuan khusus memerlukan persiapan saat tiba di bandara, saat boarding, selama penerbangan dan juga saat tiba di bandara tujuan.
     
  2. Tanyakan Syarat & Ketentuan di Maskapai Mengenai Kursi Roda
    Setelah memberikan informasi penting tentang kondisi khusus yang kamu miliki, jangan lupa juga untuk menanyakan secara lengkap syarat dan ketentuan mengenai terbang dengan kursi roda. Karena setiap maskapai memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun, secara umum beberapa maskapai akan menanyakan type kursi roda, ukuran, serta berat kursi roda apabila kamu membawa kursi roda pribadi. Namun, biasanya maskapai penerbangan dan bandara juga menyediakan kursi roda dengan ukuran standar.
     
  3. Pastikan Ulang Sebelum Hari H, Apalagi Bila Anda Tidak Menggunakan Kursi Roda Pribadi
    Apabila kamu tidak membawa kursi roda pribadi, maka sebaiknya kamu kembali menanyakan pada maskapai penerbangan yang kamu pilih untuk memastikan bahwa kamu terdaftar sebagai penumpang yang membutuhkan bantuan khusus. Lakukan pengecekan ulang ini setidaknya satu hari sebelum tanggal keberangkatan. Agar perjalanan menuju destinasi tujuan berjalan lancar dan nyaman.
     
  4. Siapkan Kelengkapan Medis untuk Emergency
    Maskapai penerbangan juga memiliki kebijakan bagi penumpang yang membawa serta beberapa kelengkapan medis yang dibutuhkan selama perjalanan dengan pesawat. Misalnya, kamu diharuskan membawa tabung oksigen atau beberapa obat-obatan yang diperlukan. Sebelum penerbangan kamu perlu menginformasikan jenis kelengkapan medis yang akan dibawa dan mendapatkan konfirmasi dari maskapai penerbangan yang kamu pilih. Bila perlu sertakan juga surat keterangan dari pihak tenaga medis tentang kondisi kesehatan kamu.
     
  5. Datang Tepat Waktu
    Berhubung kamu akan melakukan traveling dengan menggunakan kursi roda dan bantuan khusus pada penerbangan, maka diperlukan persiapan khusus bagi pihak bandara dan juga pihak maskapai penerbangan. Seperti gate khusus jika diperlukan, letak tempat duduk dalam pesawat, serta pemeriksaan keamanan yang juga bersifat khusus untuk pengguna kursi roda. Beberapa bagian ini tentu memerlukan waktu yang tidak singkat. Untuk itu diharapkan kamu datang tepat waktu sesuai dengan waktu yang tertera pada tiket atau sesuai dengan kesepakatan dengan maskapai. Sehingga sebelum perjalanan dan selama perjalanan bahkan hingga sampai di tujuan, kamu bisa tetap merasa aman dan nyaman.

Jika kamu mau traveling dengan kursi roda, tak perlu cemas lagi, ya. Apalagi saat ini NAM Air memiliki special assistance yang siap membantu kamu jika akan bepergian dengan kursi roda baik sebelum berangkat, selama di pesawat hingga tiba di destinasi tujuan.