Persyaratan Terbang Bareng NAM Air Selama Libur Natal & Tahun Baru

NAMtizen, mengacu kepada Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama LIbur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19 SE No.3 Tahun 2020 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang Dengan Transportasi Udara Selama Masa Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

 

BERLAKU HINGGA 8 JANUARI 2021 DAN DAPAT BERUBAH SESUAI PERKEMBANGAN SITUASI

 

Penerbangan Domestik & Penumpang Transit

Termasuk : Cengkareng (CGK), Surabaya (SUB), Semarang (SRG), dan Solo (SOC)

Sesuai dengan Intruksi Gubernur DKI Jakarta No 64 Tahun 2020 bagi penumpang wajib menunjukan:

  1. Surat keterangan hasil negatif menggunakan Rapid-Test Antigen paling lama 3 (tiga) x 24 jam sebelum keberangkatan.
  2. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (eHAC) sebelum penerbangan, dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi e-HAC melalui playstore / App Store atau melalui situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac/ .

Pengecualian bagi penumpang anak-anak berusia dibawah 12 tahun tidak diwajibkan untuk test RT-PCR maupun rapid test antigen / rapid test antibodi sebagai syarat perjalanan.

 

Tujuan Denpasar ( Bali )

Sesuai dengan SE Gubernur Bali Nomor 2021 Tahun 2020 bagi penumpang wajib menunjukkan :

  1. Surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR dengan masa berlaku maksimal 7 (tujuh) x 24 jam sebelum waktu keberangkatan.
  2. Selama berada di Bali, Pelaku Perjalanan wajib memiliki surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR dengan masa berlaku selama 14 (empat belas) hari sejak diterbitkan.
  3. Bagi Pelaku Perjalanan yang berangkat dari Bali, surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku dapat digunakan untuk perjalanan kembali ke Bali.
  4. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (eHAC) sebelum penerbangan, dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi e-HAC melalui playstore / App Store atau melalui situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac/ .

Pengecualian bagi penumpang dengan tujuan Bali dalam kategori berikut yang tidak wajib memiliki hasil negatif uji swab berbasis PCR dan dapat menggunakan hasil non-reaktif tes rapid antibodi/antigen yang masih berlaku sesuai SE Kemenkes RI:

  1. Penumpang Transit dan tidak keluar dari bandara.
  2. Penumpang Pesawat divert.
  3. Penumpang yang berasal dari daerah yang tidak ada fasilitas tes PCR, boleh menggunakan rapid test antigen (di bandara keberangkatan atau boleh di bandara kedatangan).
  4. ASN/TNI/Polri yang mendapat tugas/perintah dadakan.

Penumpang dibawah 12 tahun khusus untuk penerbangan dengan tujuan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS) Bali tidak wajib memiliki hasil uji swab berbasis PCR maupun Rapid Test Antigen / Rapid Antibodi.

 

Dari & Ke Bangka Belitung

Sesuai dengan SE Gubernur Kepulauan Bangka Belitung No 550/1051/DISHUB Tahun 2020 bagi penumpang wajib menunjukan :

  1. Surat keterangan hasil negatif menggunakan swab berbasis PCR atau Rapid-Test Antigen dengan masa berlaku selama 14 (empat belas) hari sejak diterbitkan.
  2. Khusus untuk anak berusia dibawah 12 tahun boleh menggunakan hasil non-reaktif tes rapid antibodi.
  3. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (eHAC) sebelum penerbangan, dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi e-HAC melalui playstore / App Store atau melalui situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac/

 

Tujuan Pontianak ( PNK ) dan dari Luar Kalimantan Barat

Sesuai dengan SE Gubernur Kalimantan Barat No 3596 Tahun 2020 bagi para penumpang yang akan memasuki wilayah Kalimantan Barat dengan menggunakan transportasi udara harus mengikuti ketentuan sebagai berikut :

  1. Mematuhi protokol kesehatan.
  2. Menunjukan surat hasil negatif uji swab berbasis PCR paling lama 7 ( tujuh ) x 24 jam sejak tanggal pemeriksaan sebelum keberangkatan, dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (eHAC) , dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi e-HAC melalui playstore / App Store atau melalui situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac/
  3. Selama masih berada di Kalimantan Barat wajib memiliki surat keterangan hasil negatif uji swab PCR yang masih berlaku.
  4. Bagi calon penumpang yang berangkat dari Kalimantan Barat, surat keterangan hasil uji swab PCR yang masih berlaku dapat digunakan untuk perjalanan kembali ke Kalimantan Barat.
  5. Anak-anak di bawah 12 tahun tidak diwajibkan untuk tes PCR maupun rapid test antigen sebagai syarat perjalanan.

 

Tujuan ke Pontianak dari : Putussibau ( PSU ), Sintang ( SQG ) dan Ketapang ( KTG )

NAMtizen yang memiliki tujuan ke Pontianak dari Putussibau, Sintang dan Ketapang wajib menunjukan :

  1. Surat keterangan hasil negatif menggunakan Rapid-Test Antigen paling lama 3 (tiga) x 24 jam sebelum keberangkatan.
  2. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (eHAC) sebelum penerbangan, dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi e-HAC melalui playstore / App Store atau melalui situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac/ .
  3. Anak-anak di bawah 12 tahun tidak diwajibkan untuk tes PCR maupun rapid test antigen sebagai syarat perjalanan.

 

Tujuan ke Ketapang ( KTG ) dari Semarang ( SRG ) via Pontianak ( PNK )

NAMtizen yang memiliki tujuan ke Ketapang dari Semarang via Pontianak wajib menunjukan :

  1. Menunjukan surat hasil negatif uji swab berbasis PCR paling lama 7 ( tujuh ) x 24 jam sejak tanggal pemeriksaan sebelum keberangkatan.
  2. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (eHAC) , dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi e-HAC melalui playstore / App Store atau melalui situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac/
  3. Anak-anak di bawah 12 tahun tidak diwajibkan untuk tes PCR maupun rapid test antigen sebagai syarat perjalanan.

 

Tujuan Samarinda ( AAP ) Kalimantan Timur

Sesuai dengan SE Gubenur Kalimantan Timur No 440/7874/0641-II/B.Kesra bagi penumpang wajib menunjukan :

  1. Surat keterangan hasil non-reaktif/negatif uji rapid antibodi/antigen dan hasil negatif uji swab berbasis PCR paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  2. Selama berada di Provinsi Kalimantan Timur, Penumpang wajib memiliki surat keterangan hasil non-reaktif/negatif uji rapid antibodi/antigen dan hasil negatif uji swab berbasis PCR dengan masa berlaku selama 14 (empat belas) hari sejak diterbitkan.
  3. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (eHAC) sebelum penerbangan, dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi e-HAC melalui playstore / App Store atau melalui situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac/ .

 

Tujuan Ke Lampung

Sesuai dengan SE Gubernur Lampung No 045.2/3931/V.02/2020 bagi penumpang wajib menunjukan :

  1. Surat keterangan hasil negatif menggunakan Rapid-Test Antigen paling lama 2 (tiga) x 24 jam sebelum keberangkatan.
  2. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (eHAC) sebelum penerbangan, dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi e-HAC melalui playstore / App Store atau melalui situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac/ .

 

Tujuan dari Kota lain selain yang tertera diatas

  1. Penumpang wajib menunjukan Surat Kesehatan hasil negatif atau non-reaktif menggunakan RT-PCR atau rapid test paling lama 14 x 24 jam sebeleum keberangkatan serta mengisi e-HAC sebagai persyatan perjalanan.
  2. Penumpang dibawah 12 tahun untuk tujuan dari kota lain selain yang disebutkan diatas tidak wajib memiliki hasil uji swab berbasis PCR maupun Rapid Test Antigen / Rapid Antibodi.

 

PROSEDUR KESEHATAN DAN KESELAMATAN NAM AIR

NAM Air senantiasa memperioritaskan keselamatan dan kesehatan kamu saat terbang bareng dengan memberikan segala upaya terbaik yang dapat kami lakukan. Kami tahu ada banyak sekali pertimbangan yang kamu harus pikirkan ketika ingin bepergian kesuatu daerah, maka izinkan kami untuk sedikit membantu kamu dengan memberikan pengamanan extra dalam setiap penerbanganmu.

 

  • Jarak Antrian Antar Penumpang

Demi keamanan & kenyamanan, kita menyediakan garis antrian antar penumpang saat melakukan drop baggage di counter Check-in. Kami juga menyediakan fasilitas Handsanitizer yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan mu

 

  • Pemeriksaan Suhu Tubuh Sebelum Terbang

Sebelum memasuki pesawat, kami kembali melakukan pemeriksaan suhu tubuh guna memastikan kalian tenang dan aman saat terbang bersama kami.

 

  • Penggunaan Masker Selama Penerbangan

Pada saat di dalam pesawat, NAMtizen diharuskan menggunakan masker selama penerbangan ya, hal ini adalah salah satu upaya untuk mengurangi serta mencegah penyebaran virus dan memastikan kalian tetap nyaman selama terbang bersama kami.

 

  • Penerapan Protokol Kesehatan Didalam Pesawat

Sebelum bertemu kamu diatas pesawat, seluruh #NAMsquad diperiksa kesehatannnya serta dibekali dengan alat pelindung diri seperti faceshield, masker, dan sarung tangan saat bertugas. Upaya ini kita lakukan untuk memberikan rasa aman dan tenang saat NAMtizen bepergian bareng NAM Air.

 

  • Kebersihan Pesawat

Selain memiliki fitur HEPA pada pesawat yang mampu menyaring partikel virus & bakteri, kita juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara rutin diseluruh pesawat NAM Air.